Minggu, 13 Maret 2011

John Maynard Keynes (1883-1946)

John Maynard Keynes (lahir di Cambridge, Cambridgeshire, Britania Raya, 5 Juni 1883 – meninggal di East Sussex, Inggris, 21 April 1946 pada umur 62 tahun) adalah seorang ahli ekonomi Inggris yang berasal dari keluarga kelas menengah. Ayahnya John Neville Keynes, adalah ekonom dan dosen di Universitas Cambridge. Ide-idenya yang radikal mempunyai dampak luas pada ilmu ekonomi modern. 

Ia terutama menjadi terkenal dengan karyanya; "The General Theory of Employment, Interest and Money" (1936) yang merupakan reaksi terhadap Depresi Besar Amerika Serikat pada tahun 1930-an, dan karyanya ini pula bertanggung jawab dalam mengembangkan seluruh cabang ekonomi dan menjadi karya referensi utama dan sering didebatkan pada abad ke-20.

The Theory :
Dalam karyanya Keynes menulis bahwa Pemerintah kadangkala harus menstimulasi pertumbuhan ekonomi, terutama pada saat konjungtur lemah. Pemikiran dan filsafat inilah yang biasa disebut dengan istilah Keynesianisme. Namun pada mulannya, Keynes mengawali buku ini dengan menyerang hukum Say, yaitu pandangan bahwa penawaran menciptakan permintaannya sendiri. Menurut hukum ini pengangguran adalah hal yang tak mungkin karena setiap ada penawaran tenaga kerja (atau setiap ada penawaran barang dalam ekonomi) maka akan ada permintaan untuk tenaga kerja tersebut (atau permintaan untuk barang tersebut). Menurut Keynes permintaan total menentukan penawaran dari output  dan tingkat tenaga kerja.  Jika permintaan tinggi masalah pengganguran dapat dapat terpecahkan, sedangkan bila permintaan rendah pengganguran maka pengangguran menjadi tinggi.

Sumber : Materi kuliah Ilmu ekonomi yang dikutip dari Buku Economics 1, dan Wikipedia 'Ensiklopedia Bebas' 

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►